Kamis, 14 Agustus 2008

Suwito Mawarwati Pimpin Inkai Jatim

INKAI JATIM

INILAH.COM, Surabaya - Ignatius Suwito Mawarwati secara aklamasi terpilih sebagai ketua umum Pengprov Institut Karate-do Indonesia (Inkai) periode 2008-2012 dalam musyawarah daerah di Surabaya, Minggu (10/2).

Sebanyak 20 dari 21 pengurus Pengcab Inkai se-Jatim yang hadir dalam musda itu, sepakat memilih Suwito memimpin organisasi itu menggantikan pejabat lama Winachyu yang juga menjadi salah satu calon ketua umum.

Suwito Mawarwati yang terpilih aklamasi, justru tidak hadir dalam musda itu karena sedang berada di luar negeri. Ia hanya mengirimkan pesan singkat kepada panpel musda dan siap memimpin Inkai Jatim.

"Sebelum musda dimulai, sebenarnya banyak pengcab yang memunculkan nama calon, namun semua sepakat memilih Ignatius Suwito sebagai ketua umum baru," kata Ketua Panpel Musda, Purwanto.

Purwanto mengatakan, Suwito dipilih bukan berdasarkan latar belakangnya sebagai mantan karateka, tapi kemampuan dan kapasitasnya dalam memimpin organisasi dan perusahaan.

"Beliau pernah memimpin perusahaan besar dan bisa memasarkan produk. Kami ingin produk karate lebih marketable dan bisa diterima masyarakat," tambahnya.

Mantan Ketua Federasi Olahraga Karate Indonesia (Forki) Surabaya itu mengakui, selama ini karate kalah populer dibanding cabor lain seperti sepakbola, bola voli, basket, atau bulutangkis.

Usai musda, ketua terpilih dengan dibantu empat anggota tim formatur akan membentuk kepengurusan selambat-lambatnya satu bulan ke depan.

Sekjen PP Inkai, Hermawan Sulistyo yang ditemui wartawan usai musda mengatakan, peminat olahraga karate di Indonesia tidak kalah dibanding cabor beladiri lainnya.

"Memang kedepan perlu ada pengembangan yang lebih baik, terutama di daerah-daerah, agar olahraga karate kembali berkibar seperti tahun-tahun sebelumnya," katanya.[Ant/L2]

Tidak ada komentar: